Tutorial Downgrade, Upgrade atau Unbrick pada Asus Zenfone 2

Kali ini kami akan membuat tutorial cara melakukan downgrade dan upgrade manual pada asus zenfone 2, selain itu kami juga akan memberikan cara mengatasi asus zenfone 2 mengalami softbreak atau boot loop, cara ini sebenarnya cukup mudah bagi yang sudah paham, tetapi bagi yang belum paham jangan melakukan cara ini sendirian, harap di temani oleh orang yang sudah paham sehingga tidak terjadi kesalahan.

Cara ini juga bisa mengatasi ketika asus kita mengalami soft brick biasanya masalah soft brick ini adalah ketika asus zenfone kita hanya stuck di logo, nah tutorial atau cara ini dapat mengatasinya juga, selain untuk downgrade atau upgrade.
Note : kami disni hanya memberikan tutorial dan berniat membantu, jika terjadi kesalahan pada device bukan tanggung jawab kami, segala resiko ditanggung masing-masing pembaca.

DOWNLOAD BAHAN :

Zenfone 2 Firmware:
Recovery Image: GoogleDriveMega

STEP BY STEP :

Untuk melakukan ini, kami akan meberikan step by stepnya, harap di ikuti dengan hati-hati dan benar.
1. Pastikan baterai asus zenfone 2 kita 50% atau lebih
2. Download Recovery.img dan Firmware pada versi sama
Contoh: Kita ingin instal 2.15.40.10 [UL-Z00A-WW-2.15.40.10-user.zip] versi dari Firmware jadi kita harud download 2.15.40.10 recovery.img. versi Recovery Image dan Frimware harus sama
3. Install Usb Driver dan Adb Driver
4. Copy 2.15.40.10 recovery image [recovery.img] dan  firmware [UL-Z00A-XX-X.XX.XX.XX-user.zip] file ke Adb folder > C:\adb\
5. Aktifkan USB debbuging caranya masuk ke settings > about > software info > Tap build number sampai keluar pop up, lalu kembali ke settings dan kita akan menemukna developer options, klik developer options lalu swich on setelah itu slide pada bagian atas, scroll down sampai kita menemukan USB debug > check  box > muncul pop up klik ok.
6. Koneksikan asus zenfone 2 kita ke pc, ketika muncul pop up, always allow dan allow juga di layar asus zenfone 2.
7. Buka folder adb  tahan keyboard Shift + right click > Open Command pomport Here ( klik )
8. Pada cmd adb ketik adb reboot-bootloader
9. Setelah kita enter  fast boot/droid boot, pada cmd adb ketik  fast boot flash recovery <Recovery Image File Name.img>
10. Setelah recovery flash selesai, masuk ke recovery menu dan select, setelah enter recovery navigates dan  select “update from adb”
11. Lalu ketik pada cmd adb adb sideload <Firmware File.zip>
12. Tunggu sampai selesai sekitar 25 menit, jika kita mengalami auto reboot kita perlu masuk ke “boot loader” dan Select kembali “Recovery Mode”
13.  Lalu lakukan “wipe data/factory reset”
14. Setelah selesai lakukan “”wipe cache partition”
15. Kemudian select “reboot system now”
16. Done
Cara masuk Recovery Mode Asus Zenfone 2

Turn Off  Zenfone 2
Tekan dan tahan tombol Power + Volume up
Ketika Asus zenfone 2 bergetar, lepas tombol power
Lalu akan keluar gambar seperti dibawah ini



Kita dapat memilih “Normal Boot” or “Recovery Mode” menggunakan tombol volume down atau volume up, dan untuk masuk ke recovery mode pilih “Recovery Mode”



Setelah itu kita akan melihat Robot android yang tergelatak lalu tekan tombol Power dan Volume up, setelah 1 detik lepas tombol volume up



Setelah itu kita akan masuk ke Asus Zenfone 2 Recovery Mode



Cara diatas adalah ketika kita ingin melakukan upgrade atau downgrade asus zenfone 2 kita, lakukan cara diatas step by step dengan hati-hati, nah lalu bagaimana jika asus zenfone 2 kita mengalami soft brick atau boot loop? tenang cara diatas juga dapat mengatasi jika asus zenfone 2 kita mengalami soft brick atau bootloop jadi kita bisa mengatasi permasalah tersebut sendiri.

 Demikian Cara downgrade, upgrade atau unbreak asus zenfone 2, jika kalian masih mengalami kesulitan, silahkan komentar pada kolom komentar kami akan dengan senang hati  membantu, dan pastikan berkomentar menggunakan email yang valid sebab ketika kami membalas nanti akan muncul notifikasi pada email kalian, jangan lupa untuk check pada folder spam.